kue tradisional
- food

Punya Tepung Beras Lebih, Yuk Belajar Bikin Kue Tradisional

Seperti yang telah banyak orang tahu, kue tradisional umumnya menggunakan tepung beras sebagai bahan utama. Walau tidak semua, tapi, kue dengan bahan utama tepung beras cukup mendominasi di jagat perkulineran kue tradisional.

Nah, jika kamu memiliki tepung beras lebih dan bingung ini diapakan, mencoba bikin kue tradisional rasanya cukup menarik untuk dilakukan.

Ya, selain belajar, membuat kue tradisional juga secara tidak langsung membuat kita melestarikan kekayaan kuliner Indonesia. Jadi, untuk kamu yang ingin belajar bagaimana cara membuat kue tradisional, simak bahasan lengkapnya berikut ini.

Kue Lapis Warna-Warni, Kue Tradisional dan Jajanan Pasar yang Cukup Dicintai Anak-Anak

Warna yang menantang dan beragam membuat kue ini cukup digemari oleh kalangan anak-anak. Selain itu, rasanya yang manis juga membuat kue ini memiliki tempat tersendiri di hati para bocah.

Namun demikian, belakangan tahun terakhir, kue ini seakan telah hilang ditelan bumi. Tidak lagi ada yang menjualnya di pasar. Walhasil, bila kita ingin memakannya, kita harus terlebih dulu membuatnya.

Tenang, membuat kue tradisional ini cukup gampang, kok. Resep dan bahan pembuatannya juga tersaji dalam ulasan berikut ini.

Bahan-bahan; 200 gram tepung beras, 1 bungkus santan kara yang dicampur dengan 1 liter air, 2 sachet kental manis, 200 gula pasir, garam, pewarna buatan (sesuai selera).

Adapun cara membuat kue lapis warna-warni adalah berikut.

  1. Rebus santan dan air hingga mendidih. Jika sudah, tambahkan garam secukupnya. Lanjutkan dengan memasukan tepung beras. Aduk hingga tidak menggumpal.
  2. Dinginkan adonan. Bagi adonan ke dalam beberapa wadah, kemudian tambahkan pewarna makanan.
  3. Panaskan pengukus. Olesi cetakan dengan margarin. Jika sudah, susun adonan sebagaimana urutan warna yang diinginkan. Penyusunan dilakukan satu persatu menunggu bagian per bagian kering dan mengeras.
  4. Jika semua warna sudah tersusun, dinginkan cetakan.
  5. Potong-potong lapis dan pindahkan ke piring saji.
  6. Kue lapis warna warni pun siap untuk dihidangkan.
Baca Juga :  Cara Membuat Olahan Bihun Bihun Goreng

Kue Cucur, Kue Tradisional yang Legit dan Banyak Disukai Kaum Bapak-Bapak

Pada awal tahun 90-an hingga 2000, kue cucur menjadi makanan ringan yang digemari oleh bapak-bapak. Rasanya yang manis legit dan ukurannya yang cukup besar membuat kue tradisional ini cocok dijadikan sarapan.

Kue ini sendiri memiliki bentuk yang menyerupai serabi. Hanya saja, yang membedakan adalah bentuk permukaan dan warna yang sangat berbeda.

Kue cucur memiliki permukaan yang tidak bulat rata. Sedangkan serabi memiliki permukaan yang bulat rata. Warna kue cucur pun jauh lebih gelap dari serabi. Warna kue tradisional ini cenderung coklat tua, sedangkan serabi berwarna putih dan hijau.

Tapi patut di sayangkan, eksistensi kue cucur nyatanya tidak sebaik serabi. Kue ini kalah pamor dengan jajanan modern yang cukup banyak menggunakan MSG. Berbeda dengan serabi yang bertahan hingga sekarang.

Tapi apa daya, untuk yang ingin mencoba bagaimana kelezatan kue ini, bisa mencoba membuat kue cucur rumahan dengan mengikuti resep berikut.

Bahan-bahan; 100 gram tepung beras, 30 gram tepung terigu, 100 gram gula merah, 50 gram gula pasir, 200 ml air, 1 sendok teh kayu manis, garam secukupnya.

Cara membuat kue cucur adalah sebagai berikut.

  1. Masak air dengan gula pasir dan gula merah sembari menunggu mendidih, aduk-aduk agar tidak menggumpal
  2. Campurkan terigu, tepung beras, dan bubuk kayu manis dalam satu wadah. Aduk hingga rata. Setelah itu tambahkan larutan gula dan air. Campur hingga rata. Tambahkan pula garam secukupnya, aduk kembali hingga rata.
  3. Panaskan minyak goreng, goreng adonan dengan api yang tidak begitu besar. Jangan lupa permukaan kue cucur disiram-siram menggunakan minyak goreng.
  4. Lakukan teknik menggoreng tersebut hingga permukaan kue cucur berubah menjadi sedikit kering, setelah itu tiriskan (menggoreng kue cucur tidak perlu dibalik).
  5. Kue cucur pun siap dihidangkan.
Baca Juga :  Cara Membuat Mie Ayam Enak ala Pedagang Kaki Lima

Nah, itulah beberapa resep kue tradisional berbahan dasar tepung beras. Selain kue-kue di atas, kue cubit juga salah satu kue dengan bahan dasar tepung beras, loh. Adapun cara membuat kue cubit sendiri bisa kalian lihat di laman-laman internet.

About Tamara Andrews

Read All Posts By Tamara Andrews