masakan dari ayam
- food

Masakan Dari Ayam Resep Sayur Asem

Garang asem yang berasal dari Grobogan ini populer di Kudus, Semarang, Demak, Pati, dan Pekalongan hingga menyertakan nama masing-masing tempat sebagai ciri khasnya. Biasanya disajikan dengan nasi, sate ayam, tempe goreng, dan perkedel. Setiap bagian ayam, kecuali jeroan, umumnya bisa dibuat garang asem. Penggunaan ayam kampung sebagai bahan utama menghasilkan rasa yang lebih enak karena tekstur dagingnya cenderung lebih empuk daripada ayam jenis lain. Nikmatnya garang asem ayam akan semakin lengkap dengan sensasi pedas menyegarkan yang berasal dari potongan cabai dan belimbing sayur/wuluh. Menu yang sangat cocok untuk Anda yang mudah mengantuk.

Nah, dalam artikel ini kita akan mengulas masakan dari ayam, yang meliputi garang asem tanpa santan, garang asem kuah, garang asem Kudus, garang asem Solo, dan garang asem Semarang dan resep sayur asem betawi. Mari kita simak ulasannya:

  • Resep Garang Asem Ayam Tanpa Santan

Resep garang asem ayam yang pertama ini tergolong antimainstream karena dibuat tanpa santan sehingga menghasilkan warna putih kecoklatan, maka untuk resep ini ada pengecualian. Cara membuat garang asem ayam tanpa santan adalah Langkah pertama cuci ayam sampai bersih. Lumuri dengan jeruk nipis dan garam lalu diamkan 15 menit. Cuci lagi. Rebus air sampai mendidih kemudian masukkan ayam. Tunggu sampai ada busa kecoklatan atau sisa darah yang keluar. Buang air rebusan lalu cuci lagi ayamnya. Panaskan wajan, beri minyak dan margarin.

Tumis semua bumbu tumis hingga harum dan layu. Masukkan ayam lalu kecilkan api. Masak sampai bumbunya meresap rata. Masukkan air lalu aduk-aduk sampai rata. Tutup wajan dan diamkan agar bumbu meresap. Tunggu sampai ayam empuk. Selanjutnya masukkan tomat, belimbing wuluh, dan cabai. Aduk rata. Beri gula, garam, dan kaldu. Untuk memastikan rasa, Anda bisa mencicipi rasanya. Diamkan lagi sekitar 10 menit dengan api kecil. Setelah dirasa empuk dan bumbu meresap, angkat dan hidangkan selagi hangat ya.

  • Resep Garang Asem Ayam Kuah

Resep garang asem ayam kedua yaitu garang asem yang poin pentingnya tentu terletak pada kuahnya. Cita rasa gurih dari santan dan asam pedas dari cabai dan daun jeruk atau belimbing wuluh lebih dominan pada resep ini. Anda tidak sabar? Simak cara membuatnya 

Campur bumbu halus dengan santan, kemudian masukkan potongan ayam, cabai rawit, serai, potongan belimbing wuluh dan tomat. Aduk rata. Panaskan kukusan, lalu siapkan potongan daun pisang dan letakkan masing-masing daun salam di atas setiap lembarnya. Masukkan semua campuran bahan lalu bungkus dan sematkan lidi. Selanjutnya masak selama 1 jam hingga ayam dirasa sudah matang. Cara ini menjadikan garang asem buatan Anda memiliki tekstur lembut dan kuah maknyus yang tidak jauh beda hasilnya dengan buatan restoran. Angkat lalu sajikan garang asem ayam kuah selagi hangat.

  • Resep Garang Asem Ayam Kudus

Resep garang asem ayam yang ketiga ini merupakan salah satu resep khas daerah tertentu, seperti Kudus ini. Garang asem khas Kudus biasanya dihidangkan dengan nasi hangat, tempe goreng, perkedel, sambal, dan lalapan. Sama seperti resep lain pada umumnya, olahan ayam pada garang asem khas Kudus ini dimasak dengan kuah santan. Cara masaknya juga cukup dengan merebus dan mengukus. Resep ini bisa membuat Anda ketagihan dan tidak lagi bosan dengan menu olahan ayam.

Baca Juga :  Aneka Olahan Tahu: Resep Tahu Gejrot

About Tamara Andrews

Read All Posts By Tamara Andrews