olahan bihun
- food

Cara Membuat Olahan Bihun Bihun Goreng

Anda yang penggemar kuliner di Indonesia pasti sudah tahu makanan berbentuk seperti mie tapi lebih tipis ini yang bernama bihun. Biasanya kita pasti lebih sering mengenal salah satu jenis variasi mie bihun ini sebagai salah satu isi bakso, ketoprak, nasi uduk dan yang lainnya. Tetapi tahukah teman teman bahwa sebenarnya kita bisa membuat berbagai masakan bihun, seperti bihun ayam, kue bihun, bihun kuah dan bihun goreng. Kali ini, kami akan mengajak teman teman untuk mencoba dan memberikan berbagai olahan bihun.

Dalam hal ini salah satunya adalah bagaimana cara membuat olahan bihun goreng. Mungkin resep bihun goreng tidak sepopuler mie dan biasanya hanya digunakan untuk bahan pelengkap masakan yang lain, tetapi kalau masalah rasa sebenarnya kedua jenis resep mie tersebut sama sama enak dan cocok sekali untuk teman makan nasi, apalagi kalau ditambah beberapa bahan pelengkap lain di dalam resep bihun nya, seperti daging ayam, udang dan yang lainnya. Tidak seperti mie kuning atau mei putih yang teksturnya agak lembek sehingga bisa langsung dimasak, bihun mentah teksturnya agak keras sehingga perlu direndam beberapa saat dengan air panas sebelum bisa digunakan dan dimasak menjadi berbagai masakan.

Caranya adalah olah bihun mentah kualitas bagus sebanyak kurang lebih 400 gram. Gunakan bihun yang warnanya putih sedikit kusam karena itu warna alaminya. Daging ayam segar kurang lebih sebanyak 150 gram saja. Pilih bagian dada yang banyak dagingnya dan rebus sebentar supaya mudah untuk dipotong potong kecil. Udang segar kurang lebih sebanyak 80-100 gram. Buang kotoran dan bersihkan lalu rebus sebentar supaya mudah untuk dipotong potong sesuai selera. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 2 pcs. Goreng telur di orek seperti membuat nasi goreng supaya mudah saat dicampur dengan bihunnya. Wortel segar kualitas bagus dan ukurannya kecil satu pcs atau setengah kalau besar. Cuci bersih, kupas kulitnya lalu potong kecil kecil memanjang (seperti bentuk korek api). Sayuran sawi hijau segar kurang lebih 1 ikat saja. Cuci bersih sebelum digunakan dan potong kecil kecil sesuai selera.

Kemudian siapkan kecap manis kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok makan. Gunakan kecap yang kental supaya hasilnya lebih enak dan legit. Merica halus atau bubuk secukupnya sesuai selera. Bawang putih ukuran besar kurang lebih 4-5 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan untuk ditumis. Bawang merah ukuran sedang kecil 2 pcs saja. Kupas kulitnya lalu haluskan untuk ditumis. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak satu sendok kecil atau sendok teh. Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat Bihun Goreng Enak Spesial Mudah

Langkah pertama adalah rendam bihun mentahnya dengan air panas sampai lunak. Ganti air rebusan setiap 5-7 menit sampai matang. Setelah matang siram dengan dengan air dingin supaya proses pemasakannya berhenti dan bihun tidak terlalu lembek. Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya. Masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan dan tumis sampai tercium bau harum. Masukkan daging ayam dan daging udang yang sudah dipotong kecil kecil terlebih dahulu dan aduk aduk sampai daging berubah warnanya.

Kemudian goreng telur diorak arik sebentar dan campur dengan bumbu tumisan beserta daging ayam dan udang diatas. Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata. Masukkan sayuran sawi yang sudah dipotong potong, worel yang sudah diiris dan kol kalau pakai. Campur semua bagian sampai sayuran layu. Masukkan daun bawangnya. Aduk aduk kembali supaya smeua bahan resep bihun tercampur sempurna. Masukkan bihun nya dan aduk aduk aduk kembali dengan semua bahan sampai tercampur rata. Masukkan lada halus, garam dapur beryodium dan kecap manisnya. Aduk dan campur semua bahan sampai rata dan meresap ke dalam bihunnya. Angkat dan sajikan resep bihun goreng spesialnya di piring sajian.

Baca Juga :  Resep Masakan Mudah: Resep Ayam Woku

About Tamara Andrews

Read All Posts By Tamara Andrews