olahan kentang
- My Blog

Olahan Kentang yang Ramah di Lidah dan Mudah Diolah

Kentang menjadi salah satu bahan makanan yang banyak diolah menjadi aneka olahan. Aneka olahan kentang tersebut biasa dijajakan di pasaran sebagai salah satu makanan alternatif penyuplai karbohidrat pengganti nasi, misalnya saja seperti roti, mie, atau bahkan makanan ringan. Meskipun jadi alternatif pengganti nasi, karbohidrat dalam kentang cenderung lebih sedikit daripada pada nasi sehingga kamu tidak perlu khawatir cepat gendut atau kebanyakan kalori ya.

olahan kentang

Selain kandungan karbohidrat yang tidak terlalu besar, kentang juga mengandung beberapa nutrisi lain, seperti vitamin B6, B1, B3, B5, vitamin C, kalium, fosfor, mangan, magnesium, dan zat besi. Kerena itu, makanan olahan dari kentang dapat dikatakan memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Tentunya jika tidak dikonsumsi berlebihan.

Nah, berbicara mengenai makanan olahan kentang, kita bisa temukan aneka ragamnya di pasaran. Namun, jika kamu mau membuat sendiri, berikut kami rekomendasikan makanan olahan kentang yang paling populer di Indonesia dan dapat kamu buat sendiri di rumah.

Olahan Kentang yang Ramah di Lidah dan Mudah Diolah

Bola Kentang

olahan kentang

Bola-bola kentang adalah makanan ringan yang biasa disajikan untuk jamuan-jamuan di rumah dan kondangan. Makanan ini berbentuk bulat dengan isi yang beragam, mulai dari daging ayam, telur, sayur-mayur, hingga keju. Tentunya rasanya juga beragam. Jika kamu ingin membuatnya, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut.

  • 200–300 gram daging ayam, potong kecil-kecil
  • Telur secukupnya, bisa 2 atau 3 butir
  • Putih telur secukupnya
  • 500 gram kentang
  • Bawang Bombay
  • Wortel, potong kecil-kecil secukupnya
  • 300 gram kelapa yang sudah diparut
  • Bawang putih
  • 1 sendok tek merica serbuk
  • 1 sendok the gula pasir
  • Garam halus secukupnya
  • Minyak

Jika kamu sudah menyiapkan bahan-bahan di atas. Sekarang kamu perlu perhatikan langkah membuatnya. Pertama, kentang yang telah dikupas dikukus sampai empuk dan haluskan dengan blender. Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan wajan untuk membuat tumis bawang putih dan Bombay. Kamu tunggu hingga berbau harum. Setelahnya masukkan telur yang sudah dikocok dan aduk hingga rata. Jika sudah, kamu bisa tambahkan bahan-bahan lain, seperti daging ayam, wortel, gula pasris, garam, maupun merica. Aduk hingga rata. Jika sudah, itu berarti bahan tumis sudah matang. Selanjutnya, kamu perlu masukkan adonan kentang tadi secara perlahan, aduk hingga kalis. Langkah selanjutnya, ambil adonannya dan bentuk bulat kecil-kecil layaknya bola pimpong. Lapisi adonan dengan putih telur. Lalu, gelindingkan adonan ke parutan kelapa yang telah disangrai. Langkah terakhir, kamu tinggal menggorengnya. Tunggu hingga matang dan bola kentang siap dinikmati.

Baca Juga :  Cara Membuat Mie Ayam Enak ala Pedagang Kaki Lima

Potato Wedges

olahan kentang

Mungkin potato wedges bukanlah hidangan asli Indonesia. Namun, olahan kentang yang satu ini banyak diminati oleh warga Indonesia. Terutama jika kita sedang nongkrong di café. Salah satu olahan kentang yang cukup jadi favorit adalah potato wedges. Nah, jika kamu malas menghabiskan uang di café, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun sederhana. Kamu perlu menyiapkan 500 gram kentang, air secukupnya untuk merebus, minyak goreng, garam, dan tepung secukupnya.

Cara membuatnya jauh lebih mudah daripada bola kentang. Pertama, kamu bersihkan kentang dengan mencucinya. Kamu bisa mengupasnya ataupun membiarkannya, asalkan bersih. Kemudian, rebus setengah matang. Potong-potong kentang membentuk slice wedges. Kamu taburi dengan tepung bumbu, aduk hingga rata. Jika sudah, kamu tinggal menggorengnya dengan perapian sedang saja. Ketika warnanya mulai menguning, tandanya sajianmu sudah matang. Kini kamu siap menyajikan potato wedges buatanmu sendiri.

Itulah setidaknya olahan kntang yang cukup populer dan diminati. Karena olahannya sederhana, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Jadi, kamu akan lebih menghemat uangmu. Selamat mencoba!

About Erin Nuzulia

Read All Posts By Erin Nuzulia