resep rujak kangkung
- food

Makanan Khas Cirebon: Resep Rujak Kangkung

Bagi orang Jawa, makan makanan pedas sudah menjadi kebiasaan danmenu makanan favorit setiap harinya. Kebanyakan akan memilih makan dengansambal dibandingkan makan dengan lauk seperti daging ayam saja. Nasi, sambaldan sayur akan lebih disukai dibandingkan nasi dengan lauk yang enak dan lebihmahal. Salah satu contohnya adalah masyarakat Jawa Timur yang lebih lahap makanrujak kangkung pedas dibandingkan nasi ayam dari restoran cepat saji. Resep rujak kangkung sudah menjadi resepfavorit turun temurun dari Cirebon dan hingga kini tetap menjadi menu makananfavorit hingga ke luar daerah di jawa.

Bagi Anda masyarakat di luar jawa timurpun akan sering menjumpai makanan khas cirebon ini di berbagai sudut kota. Rujak kangkung segar selain pedas juga baik untuk mereka yang sukar makan sayuran dalam bentuk menu masakan berkuah. Kangkung yang kaya akan zat besi sangat dianjurkan untuk pengidap anemia. Dipadukan dengan tempe mendoan hangat, Anda bisa mengkonsumsinya dengan sangat nikmat tanpa harus membeli dengan harga yang mahal. Namun selain membeli di penjual rujak kangkung, makanan ini juga bisa mudah Anda buat sendiri di rumah. Bahannya yang mudah didapat di penjual belanja keliling akan memberi Anda kemudahan untuk mengolahnya lebih sering dari pada membeli ke penjual makanan.

Untuk membuat makanan khas Cirebon ini, berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan:

  • 2 ikat kangkung segar.
  • 1 sendok teh garam.
  • 3 sendok makan gula merah yang disisir.
  • 3 buah cabai merah.
  • 2 buah cabai rawit.
  • ½ sendok teh terasi.

Porsi cabe rawit dan cabe merah bisa disesuaikan dengan selera atau tingkat pedas yang diinginkan. Setelah semua bahan tersedia, petik kangkung untuk diambil bagian yang baik dan bersih lalu cuci dan rebus dengan air hingga layu. Tiriskan kangkung untuk dicampur dengan sambal yang akan Anda buat nantinya.

Baca Juga :  Cara Membuat Olahan Bihun Bihun Goreng

Untuk membuat rujak kangkung yang enak, yang penting adalah rasa sambal yang Anda buat. Siapkan ulegan kemudian haluskan cabai, asam, terasi dan gula merah. Setelah tercampur semua dan menjadi sambal yang halus, Anda bisa menikmatinya dengan kangkung yang sudah matang tadi. Untuk membuat rasa semakin nikmat, Anda bisa mengkonsumsinya dengan tempe mendoan hangat atau dimakan dengan nasi hangat. Rujak kangkung selain bisa dimakan sebagai cemilan juga bisa Anda makan sebagai pengganti sayuran dalam menu makanan sehari-hari.

Bagi yang suka pedas, level penambahan cabai bisa ditambah begitu juga sebaliknya. Di Jawa sendiri ada beberapa olahan rujak kangkung seperti petis kangkung atau rujak dengan sambal kacang. Anda bisa memilih menu mana yang paling disukai untuk dimakan bersama keluarga. Selain menggunakan sayuran kangkung, Anda juga bisa menggunakan daun gelandir, daun bayam atau daun lain yang disukai. Pastikan Anda mencuci sayuran hingga bersih terlebih dahulu agar terhindar dari hama dan peptisida yang bisa membahayakan kesehatan.

Dengan manfaat sayur hijau yang baik untuk kesehatan, mengolah menu masakan rujakkangkung dan memasukkannya dalam menu sehari-hari bisa menjadi cara yang sehatdan hemat untuk memberi asupan nutrisi pada tubuh. Namun Anda juga harus ingatuntuk proses pembuatan sambal yang dilakukan, jangan terlalu banyak menambahkangula atau garam untuk menjaga kesehatan Anda.

About Tamara Andrews

Read All Posts By Tamara Andrews